Jumat, 09 September 2011

KEPALA DESA OKOMOKEBO DEIYAI PAPUA MEMILIKI 17 ANAK.

Yohanes Pekei  di karuniai melalu Wilem Pekei  dan Wermensia Kotouki  pada tanggal 17/7/1953 di Yomeni Waghete.  Yohanes adalah  anak ketiga dari lima bersaudara yakni Soter Pekei  Almarhum Magapai pekei, Yakobus Pekei, dan Sisilia Pekei.  Beliau menyelesaikan pendidikan sekolah dasar (SD) 1975 YPPK Waghete II, melnjutkan pendidikan sekolah menengah pertama (SMP) 1981, dan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Memiliki paket C, 2005. Beliau yang berwaja muda ini memiliki dua cinta sejatihnya yakni Rosalina Madai  dan Sisilia Mote . Istri pertama Rosalina Madai memiliki buah hatinya sepuluh (10) anak. Istri kedua Sisilia Mote memiliki buah hatinya lima (5) anak. Jumlah anak yang di miliki Yohanes adalah  lima belas (15) anak yakni :  Neles Pekei, Timotius Pekei, Pauber Pekei, Paolina Pekei, Paskalina Pekei, Aten Pekei, Pinsen Pekei, Maria Pekei, Mateus Pekei, Jhon.Y.E. Pekei, Yenoaria Pekei, Okto Very Pekei, Nolince Pekei, Apeiyawi Pekei, dan Agapi Mabiwau Pekei.  Beliau berkarya sebagai sekretaris desa semenjak tahun 1984-1992 dan jadi kepala desa Okomokebo sejak tahun 1992 hingga sampai kini. beliau bukan saja jabat sebagai kepala desa tetapi beliau juga sebagai penasehat umum, Adat, Agama, dan Pemerintah.
Beliau juga selalu mengikuti berbagai khursus dan pelatihan yakni: Khursus Pembangunan Desa (KPD) 1986-1987,  Khursus ketrampilan menganyam 1988-1989, khursus Kraterdes/ Pemilian Umum(PEMILU) 1989, Kursus Administrasi Kampun 7 agustus 1986. Khursuspedoman penghayatan dan pengamalan pancasila (P4) 7 November 1990, khursus  Gawat Darurat, khursus bantuan Desa (BANDES) 9 oktober 1991, Pelatihan prencanaan partisipatif pembangunan masyarakat desa (P3MD) 2-12-1996, Pelatiahn kepala desa 8-9 1993. beliau jabat sebagai kepala desa Okomokebo selalu saja hadir masalah besar tetapi karena adanya beliau yang berwaja ceria ini maka semuanya selalu mengamankan maka dengan melihatnya pengamanan itu maka  warga setempat mempercayai beliau sampai seumur hidup.
Hingga saat ini, kepala desa okomokebo Yohanes Pekei semakin menancap roda desanya sendiri yakni dalam tahun ini sudah menyediakan genset untuk masyarakat setempat desa okomo 7 buah  dan keni desa okomo juga merancang lapangan sepak bola dengan mengfasilitasi lampu stadion  4 buah harapannya akan menjadikan pusat pertandingan bola kaki dari kabupaten deiyai akan mengundan dan menyewakan lapangan tersebut, lain halnya juga desa Okomo sedang mendatakan penduduk setempat untuk membangun PEMUKIMAN yang ke tiga kali (pemukiman tersebut menguntungkan bagai pria yang baru berkeluarga atau baru nikah, disamping memantau keluarga besarnya itu desa okomo pun sedang mengembangkan pusat Perikanan di Kabupaten Deiyai di Okomokebo dengan Pusat sentral Okomobutu dengan bekerja sama dinas Perikanan Kabupaten Deiyai. BY YULIUS KEBADABI PEKEI
 
Loading...

Web_Cams_Travel