Minggu, 26 Agustus 2012

WARISAN BUDAYA CERMIN NOKEN PAPUA.


Judul buku  :  CERMIN NOKEN PAPUA
Pengarang   :  TITUS  PEKEI
Penerbit       :  ECOLOGI  PAPUA INSTITUTE ‘EPI’
Tebal buku  :  187
Tahun terbit : 2011 dan 2012
Dibalik pesonanya alam pulau burung  di ufuk timur Indonesia tak hanya mempesona alam dan burung cendrawasih  yang mengenal di tingkat Nasional dan Internasional tetapi ada pulah benda-benda tersebunyi khas Papua“nokon”.  Noken adalah  tas yang merayut dari serat pohon dan rumput. Untuk membuat Noken dimulai dengan mengenal bahan baku. Bahan baku yang dimaksud disini adalah bahan baku alami yang cara proses jadi benan pintal konvensional tangan secara manual. Tangpa  melalui proses alami cara konvensional sulit mengenal di tingkat Nasional atau Internasional. Dari generasi –demi generasi Noken sebagai ahli waris yang sangat mudah di temuakan di Papua sampai di pelosok, karena Noken sebagai warisan budaya dari nenek moyang yang selalu melengket pada diri masyarakat Papua sebagai tempat untuk mengisi barang yang di perlukan dalam kebutuhan hidup.
Wajarlah penulis buku Titus Pekei mengajak masyarakat luas  dan mengankat di permukaan tentang warisan budaya Noken Papua tersebut itu. Kehadiran buku cermin Noken Papua layak kita disebut sebagai  buku Best Seller karena selama ini jarang medokumentasinya.

Rabu, 01 Agustus 2012

DEIYAI DALAM PROSES PEMBANGUNAN BANGSA,

Pengarang : Frans Ign Bobi
Editor; Yulius Pekei
tahun Terbit : 2012
Tebal Buku : 267 hlm.
penerbit : bajawa Press
Begitulah judul buku ini, pernyataan sekaligus harapan Pemikiran penulis yang digagas dalam buku sederhana ini merupakan catatan urgensif yang menjadi bahan dasar dalam kerangka merancang sebuah model pembangunan manusia (human developement) secara universal dan merata dalam nuansa membangunan manusia itu sendiri. Konsepsi pemikiran yang ditorehkan dalam tulisan ini lebih fokus pada catatan sejarah dan perjalanannya dalam sudut pandang Pemerintahan, Agama dan pendidikan hingga hadirnya Kabupaten Deiyai. Kemudian menjadi barometer dan bahan dasar bagi setiap satuan kerja pada Pemerintah Kabupaten Deiyai, LSM dan pihak swasta serta semua stakeholders dalam rangka membangun Kabupaten Deiyai menuju kemandirian secara menyeluruh. YANG INGIN MAU MILIKI BUKU INI , KONTAK NO HP. 081392549876. (ASENI)
Loading...

Web_Cams_Travel