Senin, 12 Juli 2010

SEBUAH KISAH, SEJAK AWAL MASUK KAMPUS

Hari senin, tanggal 05, juli, 2010. Pada pagi hari, pukul 08:30 saya mulai siap- siap untuk ke kampus.sebelum melangkah kaki dari kost ke kampus, hati saya gelisa dan pikiran saya kacau–balau, tubuh pun menjadi gementar dan takut, tinggal duduk mengaga di depan kost.waktu telah berjalan membuat saya tambah takut dan gelisa karena di kampus pukul 09:10 mulai masuk pelatihan komputer.
Pukul 08:40 saya mulai melangkah kaki dengan perlahan- lahan sambil berdoa dalam hati: Ya Tuhan Allah,yang menciptakan langit dan bumi beserta isinya,pada pagi ini saya memuji dan memuliakanMU atas semua kebaikan yang saya terima dariMU,Terutama Roh nafas dan hari baru ini. namun engkau sudah tau, ketakutan dan kegementaran yang saya sedang alami pada pagi hari ini.Engkau adalah Bapa diatas segala bapa,maka seluruh diri saya ini saya pasrahkan kedalam tanganMU yang kudus. Biarlah Engkau pakai diri ku ini sesuai dengan kehendakMU dan selalu terjadi pada Diri ku sesuai dengan rencanaMU yang Engkau rencanakan pada diri ku. Ya Allah ,inilah doa saya yang saya berdoa kepadaMU karena ENGKAUlah yang hidup dan berkuasa dari dahulu ,kini, besok- lusa, sampai selama lamanya Amin.
Pukul 08:40 mulai melangkah kaki hingga di jalan Melati Wetan, ketemu dengan konco SMP(J. PAUL WAINE) ,dia juga baru daftar di KAMPUS STPMD APMD.Ketika ketemu dengan teman hati saya mulai mendingin perlahan- lahan. Dengan mengingat waktunya, tidak pass untuk berjalan kaki sampai di kampus terpaksa kami berdua naik becak, dalam keadaan selamat aman kami dua tiba di kampus.sebelum masuk di lingkungan kampus kami mulai berbincang- bincang mengenai keadaan kampus karena kami adalah mahasiswa baru yang mau ikut pelatiahan komputer dan bahasa inggris. Karena tidak tau keadaan kampus,tidak kenal Dosen- Dosen dan juga dengan mahasiswa/wi Akhirnya kami dua ambil keputusan bahwa: pokoknya kalau kita dua sudah masuk dalam lingkungan kampus jangan malu- malu/ takut- takut, apa yang kita dua pikir dan apa yang kita dua mau lakukan itu kita lakukan saja. Dengan keputusan (kesepakatan) membuat kami berani untuk menampilkan diri bahwa; kami dua adalah benar- benar anak Mutiara Hitam,dan benar –benar anak rantauan.ketika masuk di lingkungan kampus, kami berdua jadi bingun; mana yang kantor dan mana yang ruangan pelatihan komputer dan bahasa inggris.
kata J. PAUL: aaaa.... dari pada kita dua pusing, lebih bagus tanya sama dosen saja sobat, setelah itu saya mulai masuk di kantor dengan GAYA PAPUA yang sangat menakutkan, saya berhadapan dengan dosen yang sedang asik dengan mengetik. Dengan jiwa takut saya salam sama deseng yang sedang ketik itu. Setelahlam dengan spontang saya menyanyakan ruang pelatihan komputer dan bahasa inggris. Dengan melontarkan pertanyaan itu, dosenpun menjawab spontang menunjuk tujuan yang kami cari itu, jadi masss PLESS WAIT IN THE OUT ROOM(PAGE) aja ya, soalnya dosen juga masih belum datang. OKEY THANKS ON INTORMASION FOR MY,I CAN WAIT LECTURER, IN OUT ROOM OR PAGE. Setelah mengetahui ruangan yang pasti saya pun keluar bertemu dengan J.PAUL .J. PAUL menanyakan kepada saya bahwa,kenapa sobat (NOGEI) keluar dengan senyum,sayapun melontarkan dengan logat papua: baaa... NOGEI tenang saja dalam hala itu su aman, nah disinilah kesempatan buat saya untuk menjawab pertanyaan dari teman itu, NOGEI saya keluar dengan senyum itu begini: NOGEI saya kira di kota besar (Yogyakarta) dan oranG–orang disini itu mereka tidak tau kita pu bahasa tapi ternyata tadi dari dalam ruangan itu ada dosen satu bicara dengan saya pake kita pu bahasa,saya kan lahir besar kota jadi saya tidak mengerti walaupun itu kita pu bahasa maka saya keluar dengan tertawa HEEE. Boooo.... paceeee temanku J. PAUL ajak saya masuk ketemu lagi dengan dosen yang tadinya bicara mengunakan bahasa logat,atas permintaan temanku itu saya menolak karena merenungkan keadaan bahasa kami yang begitu kental logat papua itu, dan saya melontarkan pernyataan juga bahwa memang kalau mau ketemu sobat sendiei pergi soalnya saya sudah ketemu, natinya dosen mengira mencoba saya.
Namun k J.PAUL bersi keras mempertahankan idenya dengan tertawa haaahaa.... FRIEND harus ikut, karena: tampa NOGEI saya takut,saya yaking dengan FRIEND pasti kita berdua berbincang dengan kata-kata yang tepat dan benar,akirnya kami dua masuk ketemu lagi dengan dosen itu,kata pertama yang di tanyakan oleh dosen adalah:is your like universitas STPMD APMD ? kata mas PAUL + DONY:yes we realy like,pak dosen dengan senyum menemparkan pertanyaan yang kedua :whay your realy like universitas STPMD APMD? dengan serentak menjawab: we realy universitas STPMD APMD,because,universitas is: place for study,place to receive mareti/science, sociology, and sceince knowledge. Kemudian kami berdua dengan berani keluar kemudian keliling kampus melhat kondisi dan lingkungan halaman kampus sambil tungguh ibu dosen.
Sementara sambil menikmati keindahan di halaman kampus,beberapa langkah kemudian, terdengar suara orang di belakang kami, kami menengo ke belakang ternyata ada mahasiswa baru yang menyapa kami dengan kata yang sangat sopan dan halus, ungkapanya kak kami bisa menanyakanka! dengan tulus dan terbuka menerimanya, kami berdua bersamaan menanyakan mau tanya apa? Ternyata mereka jua mengalami sama hal yang kami alami, yakni mencari ruangan pelatia. Sobat saya dengan spotang tampa sadar mengapresiasi dengan logat daerah oooo.... plees you tell my(paul),DONY,oooo kitte kataru/hanasu/hanashi/monogatari, kemudian dengan melontarkan logat papua:aaaa.... ade dorang ikut kak saja, nanti kak antar.
Setelah diantar sampai tempat tujuan mereka, kami berdua cepat melangka hilang pulang meninggalkan mereka dari tempatnya, dengan ketakutan kami bahwa, jangan-jangan ketauwan dari teman kami yang baru itu,. Langsun kabur di tingkat atas(2),sembunyi dan cerita-cerita sampai tiba waktunya untuk mulai pelatihan komputer,kami masuk dari belakang,ketika teman teman lihat kami masuk dan ikut pelatihan bersama teman teman yang tandinya dapat tipu,dengan heran, mereka mendekati dan mulai menanyakan: kamu dua semester berapa sekarang? Teman saya jawab: kami dua juga baru daftar, mau ikut pelatihan, teman-teman heran dan berkata kami tidak yaking bahwa kamu dua adalah Mahasiswa baru, kenapa tidak percaya ” kata mas papua “, kamu dua punya gaya itu macam mahasiswa lama: berani, tidak ragu- ragu penampilannya oke. Setelah dengar perkataan itu kami tertawa, ternyata kita dua punya keputusan dan penampilan itu membuat orang lain tergila- gila ee, ha ha ha hah ha........., NOGEI bagus juga eee kalau ambil keputusan dalam ketakutan kata “ J.PAUL “ aah NOGEI sante aja, nanti kita biking dengan kita pu gaya papua. Ha ha ha.
Waktunya suda tepat Pada pukul 09:20 kami mulai dengan pelatihan komputer. selama pelatihan berlangsun mas PAUL duduk disebelahan kursi saya, dengan begitu banyaknya peserta baru. Saya dengan taman mempati di satu tempat, Ibu dosen mulai di bagi tugas pertama untuk mengetik. Mas PAUL mulai mengetik dan saya membacakan isi teks, tidak sampai 30 menit kami menyelesaikan pertama. Setelah selesai teks pertama kami tanya sama dosen, bu kami dua sudah selesai. Ternyata waktu yang begitu cepat selesai itu membuat ibu seyum, dengan mengucapkan kata, Eeeeee cepat sekali teman-teman kamu masih belum selesai, oh ya kamu dua bisa keluar,ingat ya sebentar masih lanjut dengan pelatihan bahasa inggris “ kata dosen”, iya bu “kata temanku”.
Sementara tungguh teman teman selesai,mas PAUL dan saya duduk di kantin sambil cerita-cerita tentang kisah masa SMP. mulai cerita kisah- kisah di masa SMP dengan asik, dengan merenungkan cerita yanbg sangat menyedikan itu membuat saya matanya jadi berkaca-kaca, macam orang yang mau menangis ketika dengar berita duka atau ketika si cinta meningalkan tampa alasan, karena takut menjatuhkan air mata saya melontarakan satu perkataan bahwa aaaaa..... NOGEI berhenti bicara sudah,saya takut ini jangan-jangan sebentar lagi GUNDRUWO datang minum saya punya air mata,katanya GUNBRUWO JOGYA ini jahat tidak sama dengan TUBA,MEENO yang di papua. Terpaksa PAUL menghentikan cerita.
Tidak lama berenti PAUL memasukan tanganyua kedalam celana saku, pada saat sobat iru mencari dalam sakunya saya merasamau kasih uang ternyata PAUL kasih saya TISU, dengan spontang saya melontar kan pertanyaan ! baaa NOGEI ini untuk apa ???? sobat itu jawab, nogei saya kasih untuk lap muka karena MATAMU sudah berkaca-kaca jadi NOGEI lap mata cepat nanti teman-teman pikir kita dua baku pukul, karena teman- teman sudah mendekati kita ini, terpaksa saya ambil sisa minuman es teh langsun gosok di muka dan mulai lap pelahan-lahan. Stelah lap muka konco itu mendekati di telinga saya dan berbisik: NOGEI saya akui betul dengan AKAL mu. Ha a.........
Pada pukul 11:15, lanjut dengan pelatihan bahasa Inggris, dosen sudah berdiri di ambang pintu masuk. Saya menole PAUL ternyata PAUL menjemput dosen dengan senyum manis papua, dan saya pun mulai tersenyum sambil melihat waja dosen yang sedang melangkah masuk diruangan pelatihan. Ketika dosen melihat senyuman khas papua, dosenpun mulia menegur kami; ( dony+paul) waaaa doooo... pasti dapat marah dari dosen ini dengan pelan pelan kepala sudah mulai menunduk, tiga detik kemudian angkat kepala melihat dosen. bukannya dosen marah melainkan dosen pun ikut tersenyum. temanku berbisik di telinga saya: beee... pace tadi itu saya pikir dosen tidak suka dengan senyuman khas papua makanya dosen mau marah kita tapi Bu dosen juga tersenyum dengan senyuman kita. Jawab saya, boo... pacee....sante... saja ini baru pertama kali, kita dua kan punya rencana untuk talingar rambut, booo... pa..a ce..e saya rasa nanti tambah lain. Biking sudah anak-anak mutiara hitam ”kata PAUL”. ibu dosen mulai langjut dengan pelatihan bahasa inggris pertemuan adalah kita memperkenalkan diri (identitas) kepada teman-teman yang belum kenal identitas kami. pass waktunya untuk memperkenalkan identitas, kami berdua, setelah diperkenalkan diri katanya ada pertanyaan yang mereka harus tanya ke kami berdua yakni dengan pertanyaan :
Mba ing,menanyakan tentang “status” : is you have darling/girl frend ???
Jawab: while, I don’t have girl,if to among list; place. I can to receve,because: that is part from life , along life in the Earth.
1) Mas Ardi,menanyakan tentang “hobby” : What your hobby ???
Jawab(paul) My hobby is: All language, because:in the papua many language,then wants reading,language strange
Jawab (dony) My hobby is taekondo,because: in papua can many mountain that toll, that I want to bloom potensi that GOD give dear my,as favour from GOD for my.
2) pace stanli(papua.merauke,menanyakan tentang “family”:what you have mather, father, brothers and sesther.
Jawab(paul) yes I have ,my family live in MOANEMANI,NABIRE. PAPUA.
Jawab(Dony) yes I have,but my father and my brother finishet death on year 1978 and 1989 in mountain. They live in WAGETHE,PAPUA.
Pelatian bahasa inggris telah berlalu dan waktu pun, sudak beranjak Pada pukul: 01:00, semua mahasiswa baru yang ikut pelatihan komputer dengan bahasa inggris mulai sibuk dengan mengisi paraf di daftar kehadiran(absen). Akhirnya hari pertama pelatihan bahasa ingris dengan komputer diakhiri dengan doa masing-masing sebelum keluar.karena teman-teman semua pada keluar. Saya denngan temanku duduk berdoa singkat dalam hati sebelum melangkah keluar dari ruangan pelatihan bahasa inggris menujuh ke kos kami,
bunyi doa yang kami panjatkan kepada Tuhan adalah
Ya Tuhanku,Ya Allah ku, yang menciptakan langit dan bumi beserta isinya, kini kembali kepadaMU lagi untuk memuji dan memuliakanMU atas rahmat, dan Anugrahmu yang Engkau berikan kepada kami terutama ROH NAPAS HIDUP yang engkau masih berikan pada kami untuk hidup di dunia ini. Bapa di surga terimakasih atas pertolongsnMU dan penyertaanMU yang senantiasa bersama saya akhirnya semua kerinduan,kegelisahan, kebingungan yang tadi pagi saya rasakan dan alami ini semuanya telah terjadi menjadi kegembiraan di kampus ini, namun saya adalah manusia biasa yang selalu jatuh banggun dalam dosa, kasihMU senantiasa bersama saya. di dunia dan di surga tiada orang yang lebih tinggi dariMU hanya engkaulah yang ALLAH BAPA, ALLAH PUTRA dan ALLAH ROH KUDUS.
Kini waktunya untuk meniggalkan kampus maka ,ya Bapa kiranya sertailah langkah kaki saya hingga saya tiba di kost dalam keadaan selamat. Semua harapan, kerinduan, cita- cita, rencana ini saya serakan kedalam tanganMU melalui PutraMU YESUS KRISTUS yang hidup dan berkuasa dari dulu, kini, besok-lusa dan sepanjang masaaa, Amiiin.
Kini wakttu pukul 01:10, kami mulai meniggalkan lingkungan kampus dan menujuh ke kost, karena mengingat dana terpaksa pulang jalan kaki, kata PAUL : “nogei” teman ini sebagai pengalaman buat kita jadi bagimanapun baik buruknya , kita jalankan saja apa adanya, kemudian saya jawab: “nogei” teman memang begitu untuk mau mencapai tujuan dan cita cita kita, biarpun orangtua kita jauh, kita jalani saja ya! dan semuanya ini kita terima dengan lapang dada karena:penderitaan adalah bagian dari hidup dan bagian dari perjuangan kita demi mencapai cita-cita yaitu : kesuksesan.
Sebelum tiba di kost, masih di perjalajnan temanku paul dan saya saling menanyakan dan mencari jawaban demi untuk memperluas wawasan/pola pemikirannya, seperti berikut ini:
1. Apakah diri kita dua adalah ciptaan TUHAN ALLAH yang mempunya akal budy yang sehat.????? Jawab: LANGIT dan BUMI beserta ISINYA termasuk diri kita dua adalah CIPTAAN TUHAN. DIRI PAUL+DIRI DONY adalah suatu ANUGRAH dari ALLAH. Di dunia dan di Surga itu tiada orang yang mampu menciptakan Manusia, Hewan, Tumbuhan, Bintang- Bimtang di langit, bulan dan matahari kecuali TUHAN ALLAH , ini belarti pertanyaan MAS PAUL sudah jelas bahwa diri manusia / waja manusia adalah serupa, segambar, dengan ALLAH .
2. Maksud dan tujuan dari ALLAH itu apa sampi, ALLAH menciptakan diri kita, melalui kedua Orang Tua? jawab: Tujuan utama dari ALLAH adalah:
 Untuk hidup di dunia: Dari Awal ALLAH telah memberikan REKOMENDASI kepada tiap orang untuk hidup bebas di alam/bumi ini. dengan demikian sesungguhnya manusia sadar bahwa apakah saya pernah menekan, menindas, memperkosa, menintimidasi, ditelor orang lain atau tidak ?.
 Untuk mengembangkan potensi,bakat, talenta, karunia yang di mengembangkan potensi yang TUHAN ALLAH berikan kepada kita selama kita masih hidup di dunia.
 Untuk Berinteraksi antar sesama manusia: manusia selama hidup di dunia harus berinteraksi antar sesama manusia,karena BERINTERAKSI adalah BAGIAN dari kehidupan manusia yang harus di jalankan oleh pribadi manusia.
 Untuk saling melengkapi dalam kebutuhan kehidupan manusia, membangun persaudaraan, keakrabatan, untuk menempuh jalan kebenaran nenujuh surga.
 Untuk membangun relasi antara manusia dengan ALLAH, manusia dengan manusia, manusia dengan hewan, manusia dengan tumbuh- tumbuhan.
 Untuk melayani dan di layani
 Untuk memberi dan membagi
 Untuk terima dan menerima
 Untuk berpikir hal-hal yang bersifat membangun SDM DI BUMI. Berpikir dan melakukan sesuatu yang menguntungkan bagi diri sendiri, bagi keluarga, bagi masyarakat, bagi bangsa dan negara terutama bagi gereja universal.
 Untuk menguatkan Iman melalui cara berpikir yang jernih, perbuatan yang jernih, seperti seorang anak kecil, yang polos hatinya, kuatkan Iman bersama YESUS untuk menghadapi semua tangtangan, godaan di masa kini yang sangat melanda dalam kehidupan.
 Untuk melestarikan lingkungan alam, menjaga dan melestarikan tumbuh-tumuhan dan hewan–hewan yang ada di muka bumi ini. karena mereka adalah ciptaan TUHAN “ Cintailah semua ciptaan ku dengan segenap hatimu dan dengan sengenap akal budymu, cintailah semua ciptaanKU, sama seperti cintai dirimmu sendiri” kata UGATAME/ TUHAN ALLAH.
Pukul 02:00 tiba di kost dengan hati yang sangat gembira, setelah ganti pakaian ,diriku mulai mendekati dekat CERMIN dengan tujuan melihat diri saya sendiri sambil membayangkan:diri saya, waja saya dengan maksud membandingkan dengan wajah allah. Tujuan utama adalah: untuk lebih mengenal siapa diri saya sebenarnya? dan bagaiman bentuk tubuh saya ?. pada awalnya saya bingun atas diri saya, siapa diri saya sebenarnya, ketika saya menanyakan sama teman PAUL, saya mendapat jawaban yang memuaskan saya dan saya penuh sadar akan diri saya. Ternyata di dunia, dalam kehidupan manusia ini membutuhkan manusia lain untuk saling melengkapi, tolong menolong dalam bentuk apa pun.

OLEH : DONATUS BIDAIPOUGA MOTE, GROP PENULIS PEMULA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

apakah anda terinspirasi?