Sabtu, 28 Agustus 2010

PEMEKARAN KABUPATEN DOGIYAI DAN DAMPAK NEGATIFNYA

I. Pemekaran Kabupaten Dogiyai
Kabupaten dogiyai adalah kabupaten yang baru dimekarkan pada tahun 2009 oleh pemarintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah daerah terkait dan persetujuan masyarakat. Dengan adanya pemekaran ini masyarakat kabupaten dogiyai merasa bangga sebelumnya,tetapi setelah dimekarkan banyak dampak negatif yang di alaminya.
Seharusya diukur dari faktor sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) maka kabupaten dogiyai tidak pantas untuk di mekarkan karena dari kedua faktor tersebut tidak memedai dan tidak mendukung. Ada penyebab tertentu kabupaten dogiyai dimekarkan adalah impian bagi para koruptor terutama bagi pejabat-pejabat alias rakus uang.

II. Dampak Negatif-Nya
Ada beberapa dampak negatif yang di alami masyarakat kabupaten dogiyai sebagai berikut :

a).Dampak Negatif bagi Pendidikan
Dampak negatif bagi pendidikan yang dialami selama ini oleh masyarakat kabupaten dogiyai adalah terbatasnya gedung sekolah, kurangnya guru mengajar, kurangnya fasilitas yang memadai di sekolah-sekolah. Sehinnga anak-anak sekolah tersebut kurang berkompeten dan kurang mampu bersaing di dunia pendidikan
.
b).Dampak Negatif bagi Kesehatan
Dampak nagatif bagi kesehatan yang dialami selama ini oleh masyarakat kabupaten dogiyai adalah kurangnya RSU (rumah sakit umum), PUSKESMAS (pusat kesehatan masyarakat), POSYANDU (post pelayanan terpadu) dan APOTEK. Ada pun penyakit selama ini yang kita kenal adalah HIV/AIDS juga cukup beredar tinggi di dalam masyarakat, sehingga kesehatan bagi masyarakat kabupaten dogiyai sangatlah memprihatinkan.

c).Dampak Negatif bagi Ekonomi
Dampak negatif bagi ekonomi yang dialami selama ini oleh masyarakat kabupaten dogiyai adalah budaya malas kerja, akibatnya karena pemerintah mendatangkan beras JPS, dana BLT dan Uang miskin. Sehingga masyarakat kabupaten dogiyai hanya hidup mengharapkan kepada pemerintah kabuten dogiyai saja.

d).Dampak Negatif bagi Lingkungan
Dampak negatif bagi lingkungan yang dialami selama ini oleh masyarakat kabupaten dogiyai adalah beredarnya isu-isu yang merugikan bagi masyarakat kabupaten dogiyai terutama bagi kaum muda anak sekolah, sehinnga banyaknya anak-anak muda yang putus sekolah karena pengaruh lingkungan kini cenderung sangat berbau negatif.

e).Dampak Negatif bagi Sosial dan Budaya
Dampak negatif bagi sosial dan budaya yang dialami selama ini oleh masyarakat kabupaten dogiyai adalah banyaknya orang dogiyai yang cenderung terpengaruh dengan budaya-budaya asing yang datang dari luar, sehingga masyarakat kabupaten dogiyai melupakan jati diri mereka dan tidak melestarikan budayanya sendiri yang di wariskan oleh nenek moyang masyarakat kabupaten dogiyai.
Dengan melihat dari banyaknya dampak negatif yang dialami oleh masyarakat kabupaten dogiyai oleh karena itu masyarakat kabupaten dogiyai cenderung akan mengarah ke ambang kehancuran. Oleh karena itu seluruh masyarakat yang ada di kabupaten dogiyai harus mampu beradaptasi dan mampu bersaing dengan dunia modern.

GROP PENULIS PEMULA
Oleh: ALFRIDUS DUMUPA
E-mail: alfridusg2@gmail.com
Loading...

Web_Cams_Travel