Sabtu, 28 Agustus 2010

PEMEKARAN KABUPATEN DOGIYAI DAN DAMPAK NEGATIFNYA

I. Pemekaran Kabupaten Dogiyai
Kabupaten dogiyai adalah kabupaten yang baru dimekarkan pada tahun 2009 oleh pemarintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah daerah terkait dan persetujuan masyarakat. Dengan adanya pemekaran ini masyarakat kabupaten dogiyai merasa bangga sebelumnya,tetapi setelah dimekarkan banyak dampak negatif yang di alaminya.
Seharusya diukur dari faktor sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) maka kabupaten dogiyai tidak pantas untuk di mekarkan karena dari kedua faktor tersebut tidak memedai dan tidak mendukung. Ada penyebab tertentu kabupaten dogiyai dimekarkan adalah impian bagi para koruptor terutama bagi pejabat-pejabat alias rakus uang.

II. Dampak Negatif-Nya
Ada beberapa dampak negatif yang di alami masyarakat kabupaten dogiyai sebagai berikut :

a).Dampak Negatif bagi Pendidikan
Dampak negatif bagi pendidikan yang dialami selama ini oleh masyarakat kabupaten dogiyai adalah terbatasnya gedung sekolah, kurangnya guru mengajar, kurangnya fasilitas yang memadai di sekolah-sekolah. Sehinnga anak-anak sekolah tersebut kurang berkompeten dan kurang mampu bersaing di dunia pendidikan
.
b).Dampak Negatif bagi Kesehatan
Dampak nagatif bagi kesehatan yang dialami selama ini oleh masyarakat kabupaten dogiyai adalah kurangnya RSU (rumah sakit umum), PUSKESMAS (pusat kesehatan masyarakat), POSYANDU (post pelayanan terpadu) dan APOTEK. Ada pun penyakit selama ini yang kita kenal adalah HIV/AIDS juga cukup beredar tinggi di dalam masyarakat, sehingga kesehatan bagi masyarakat kabupaten dogiyai sangatlah memprihatinkan.

c).Dampak Negatif bagi Ekonomi
Dampak negatif bagi ekonomi yang dialami selama ini oleh masyarakat kabupaten dogiyai adalah budaya malas kerja, akibatnya karena pemerintah mendatangkan beras JPS, dana BLT dan Uang miskin. Sehingga masyarakat kabupaten dogiyai hanya hidup mengharapkan kepada pemerintah kabuten dogiyai saja.

d).Dampak Negatif bagi Lingkungan
Dampak negatif bagi lingkungan yang dialami selama ini oleh masyarakat kabupaten dogiyai adalah beredarnya isu-isu yang merugikan bagi masyarakat kabupaten dogiyai terutama bagi kaum muda anak sekolah, sehinnga banyaknya anak-anak muda yang putus sekolah karena pengaruh lingkungan kini cenderung sangat berbau negatif.

e).Dampak Negatif bagi Sosial dan Budaya
Dampak negatif bagi sosial dan budaya yang dialami selama ini oleh masyarakat kabupaten dogiyai adalah banyaknya orang dogiyai yang cenderung terpengaruh dengan budaya-budaya asing yang datang dari luar, sehingga masyarakat kabupaten dogiyai melupakan jati diri mereka dan tidak melestarikan budayanya sendiri yang di wariskan oleh nenek moyang masyarakat kabupaten dogiyai.
Dengan melihat dari banyaknya dampak negatif yang dialami oleh masyarakat kabupaten dogiyai oleh karena itu masyarakat kabupaten dogiyai cenderung akan mengarah ke ambang kehancuran. Oleh karena itu seluruh masyarakat yang ada di kabupaten dogiyai harus mampu beradaptasi dan mampu bersaing dengan dunia modern.

GROP PENULIS PEMULA
Oleh: ALFRIDUS DUMUPA
E-mail: alfridusg2@gmail.com

3 komentar:

  1. DOGIYAI AND DISTRICT expansion fallout
    I. Expansion of the District Dogiyai
    Dogiyai District is a new district in 2009 divided by pemarintah central, provincial governments, related local government and community approval. Given this division of the district community dogiyai feel proud before, but after rising a lot of negative impacts on the natural.
    Seharusya measured from the natural resource factors (SDA) and human resources (HR), the district dogiyai inappropriate for the mekarkan because of those factors is not memedai and does not endorse. There are certain causes of rising dogiyai district is a dream for the corrupt officials, especially for greedy money aka.

    II. His Negative Impact
    There are some negative impacts on natural communities dogiyai districts as follows:

    a). Negative Impact of Education
    Negative impact on the education experienced by the people of this district during dogiyai is limited to schools, lack of teachers teaching, lack of adequate facilities in schools. Sehinnga school children are less competent and less able to compete in the world of education
    .
    b). Negative Impact of Health
    Nagatif for the health impacts experienced by the people of this district during dogiyai is the lack of RSU (general hospitals), Health Centres (health center), Posyandu (integrated service post) and pharmacies. There is no disease so far as we know it is HIV / AIDS is also pretty high circulating within the community, so the health district dogiyai is very worrying.

    c). Impact of Negative for the Economy
    Negative impact on the economy experienced by the people of this district during dogiyai is lazy work culture, as a result because the government bring in rice JPS, BLT funds and money poor. Dogiyai districts so that people expect to live only to the government kabuten dogiyai only.

    d). for Environmental Negative Impacts
    Negative impact on the environment experienced by the people of this district during dogiyai is the circulation of the issues that harm for the community district dogiyai especially for young school children, sehinnga many young children who drop out of school due to environmental influences tend to be very smelly now negative.

    e). Negative Impact of Social and Cultural Rights
    A negative impact on social and cultural development experienced by the people of this district during dogiyai dogiyai is the number of people who tend to be influenced by foreign cultures that came from outside, so that the community district dogiyai forget their identity and preserve its own culture which is not inherited by our ancestors dogiyai district community.
    In view of the many negative impacts experienced by the community district community dogiyai therefore dogiyai districts will tend to lead to the verge of collapse. Therefore, all existing societies in the district dogiyai must be able to adapt and compete with the modern world.

    BalasHapus
  2. tenk you for your misagge in my bloger,

    BalasHapus

apakah anda terinspirasi?