Senin, 19 April 2010

MATRIKULASI MENYELIMUTI UNIVERSITAS SANATA DHARMA (USD)

MATRIKULASI MENYELIMUTI UNIVERSITAS SANATA DHARMA (USD)
Sanata Dharma membuka mata untuk mengankat daerah-daerah yang ketingalan sumberdaya manusia seperti Papua,NTT melalui Matrikulasi. Program Matrikulasi berlaku selama satu tahun, selama matrikulasi anak–anak peserta Matrikulasi di kususkan mempelajari empat mata pelajaran yakni, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Matematiaka, serta Spritualitas atau Pengembangan diri. Setelah selesai Matrikulasi penyelengara memberi kesempatan untuk memilih jurusan masin-masin sesuai dengan jurusan yang diminatinya. Program ini, sudah berlangsung sejak tahun 2007. Selama berlansung kerja sama selama tiga tahun, mahasiswa papua melalui program tersebut,sudah tersebar ke seluruh jurusan yang ada di Universitas Sanata Dharama (USD).
Pemerintah sangup bekerja sama, Sanata Dharma bersedia menerima dan menampung, karena ini merupakan bagian yang sangat penting untuk mengankat sumber daya manusia (SDM) Tutur penyelengara program Matrikulasi Dekan FKIP,USD, Bapak Drs.T. Sarkim, M. Ed. Ph .D. Sumberdaya manausia di propinsi papua diangap belum mampu bersain dengan tenaga-tenaga trampil di luar papua. Sebagian pihak menilai tidak siapan sumberdaya manusia di propinsi papua pada umumya dan khususnya timika dan pegunungan bintang, mengadapi pasar kerja disebabkan oleh persoalan pendidikan dasar dan menengah kualitasnya jauh di bawah standar.
Akibatnya, tahun sebelumnya hampir semua mahasiswa dan pelajar asal Timika melalui lembaga Pengembangan Amugme dan Kamoro (LPMK) dan Kabupaten Pegunungan Bintang yang melalui biaiya beasiswa belum mencapai pada target yang dicicta-citakan. Dengan melatar belakangi kenyataan ini, Maka kedua lembaga tersebut memutuskan pendekatan dengan Universitas Sanata Dharma, untuk bekerja sama melalui matrikulasi. Pradigma baru ini, ingin mencoba agar mengejar ketingalan bersaing dengan mahasiswa dan pelajar lainya dari luar papua.
OLEH YULIUS PEKEI (Mahasiswa pendidikan bahasa sastra indonesia dan daerah (PBSID/FKIP/USD)
Email : yykebadabi@yahoo.com
HP : 081392549876

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

apakah anda terinspirasi?